Selasa, 08 Oktober 2013



LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU GURU

Judul buku         : .Buku Guru
Kelas                    : Vll
Jenjang               : SMP Negeri 1 Karawang Barat
Tema/Topik     : Pembelajaran  Tehnik vocal dalam  bernyanyi lagu secara
                              Unisono

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL


v

2.
Kesesuaian dengan KI


v

3.
Kesesuaian dengan KD


v

4.
Kesesuaian dengan Topik


v

5.
Kecukupan materi ditinjau dari:
a.   cakupan  konsep/materi esensial; dan
b.   alokasi waktu.



v

v

6.
Kedalaman materi ditinjau dari:
a.   Pola pikir keilmuan; dan
b.   Karakteristik  siswa



v
v


v7.
Penerapan Pendekatan Scientific


v

8.
Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Guru
v


Belum tersedia








LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku         : Buku Siswa
Kelas                    : Vll
Jenjang               : SMP Negeri 1 Karawang Barat
Tema/Topik     :  Bernyanyi dengan tehnik vocal
                             

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL


v

2.
Kesesuaian dengan KI


v

3.
Kesesuaian dengan KD


v

4.
Kesesuaian dengan Topik


v

5.
Kecukupan materi ditinjau dari:
c.    cakupan  konsep/materi esensial; dan
d.   alokasi waktu.



v



v


Disesuaikan dengan tingkat kesulitan siswa kelas 7
6.
Kedalaman materi ditinjau dari:
c.    Pola pikir keilmuan; dan
d.   Karakteristik siswa




v
v

7.
Penerapan Pendekatan Scientific


v

8.
Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Siswa

v

Tehnik bernyanyi dijabarkan







LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU GURU

Judul buku         : .Buku Guru
Kelas                    : Vll
Jenjang               : SMP Negeri 1 Karawang Barat
Tema/Topik     : Pembelajaran Tehnik bermain musik Ansambel
                              Sederhana


NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL


v

2.
Kesesuaian dengan KI


v

3.
Kesesuaian dengan KD


v

4.
Kesesuaian dengan Topik


v

5.
Kecukupan materi ditinjau dari:
e.   cakupan  konsep/materi esensial; dan
f.    alokasi waktu.


v



v

Dilengkapi pengetahuan Macam-macam jenis rekorder
6.
Kedalaman materi ditinjau dari:
e.   Pola pikir keilmuan; dan
f.    Karakteristik  siswa



v
v


7.
Penerapan Pendekatan Scientific


v

8.
Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Guru


v











LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku         : Buku Siswa
Kelas                    : Vll
Jenjang               : SMP Negeri 1 Karawang Barat
Tema/Topik     :    Bermain musik Ansambel
                                    

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL


v

2.
Kesesuaian dengan KI


v

3.
Kesesuaian dengan KD


v

4.
Kesesuaian dengan Topik


v

5.
Kecukupan materi ditinjau dari:
g.   cakupan  konsep/materi esensial; dan
h.   alokasi waktu.



v



v


Disesuaikan dengan tingkat kesulitan siswa kelas 7
6.
Kedalaman materi ditinjau dari:
g.   Pola pikir keilmuan; dan
h.   Karakteristik siswa




v
v

7.
Penerapan Pendekatan Scientific


v

8.
Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Siswa


v







LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU GURU

Judul buku         : .Buku Guru
Kelas                    : Vll
Jenjang               : SMP Negeri 1 Karawang Barat
Tema/Topik     : Pembelajaran menyanyikan lagu secara Vokal
                              group

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL


v

2.
Kesesuaian dengan KI

v

 Disesuaikaan dengan KI yang ada
3.
Kesesuaian dengan KD

v

 Disesuaikaan dengan KD yang ada
4.
Kesesuaian dengan Topik

v

Diperbaiki
5.
Kecukupan materi ditinjau dari:
i.     cakupan  konsep/materi esensial; dan
j.     alokasi waktu.


v



v

Jenis lagu dsesuaikan dengan tingkat kesulitan siswa
6.
Kedalaman materi ditinjau dari:
i.     Pola pikir keilmuan; dan
j.     Karakteristik  siswa



v
v


7.
Penerapan Pendekatan Scientific



8.
Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Guru













LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku        : Buku Siswa
Kelas                    : Vll
Jenjang               : SMP Negeri 1 Karawang Barat
Tema/Topik     : Vokal Group

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL


v

2.
Kesesuaian dengan KI


v

3.
Kesesuaian dengan KD


v

4.
Kesesuaian dengan Topik

v

Direvisi
5.
Kecukupan materi ditinjau dari:
k.   cakupan  konsep/materi esensial; dan
l.     alokasi waktu.




v
v

6.
Kedalaman materi ditinjau dari:
k.   Pola pikir keilmuan; dan
l.     Karakteristik siswa




v
v

7.
Penerapan Pendekatan Scientific


v

8.
Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Siswa


v








LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU GURU

Judul buku         : .Buku Guru
Kelas                    : Vll
Jenjang               : SMP Negeri 1 Karawang Barat
Tema/Topik     : .Pembelajaran tehnik bermain musik
                               Ansambel campuran

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL


v

2.
Kesesuaian dengan KI


v

3.
Kesesuaian dengan KD


v

4.
Kesesuaian dengan Topik

v

Direvisi
5.
Kecukupan materi ditinjau dari:
m. cakupan  konsep/materi esensial; dan
n.   alokasi waktu.


v



v

Materi jenis alat musik diperkaya, revisi partitur lagu
6.
Kedalaman materi ditinjau dari:
m. Pola pikir keilmuan; dan
n.   Karakteristik  siswa



v
v


7.
Penerapan Pendekatan Scientific


v

8.
Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Guru


v









LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku         : Buku Siswa
Kelas                    : Vll
Jenjang               : SMP Negeri 1 Karawang Barat
Tema/Topik     : Musik Ansambel Campuran

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL


v

2.
Kesesuaian dengan KI


v

3.
Kesesuaian dengan KD


v

4.
Kesesuaian dengan Topik

v

Diperbaiki
5.
Kecukupan materi ditinjau dari:
o.   cakupan  konsep/materi esensial; dan
p.   alokasi waktu.



v



v


Aransment lagu pada Partitur dperbaiki
6.
Kedalaman materi ditinjau dari:
o.   Pola pikir keilmuan; dan
p.   Karakteristik siswa




v
v

7.
Penerapan Pendekatan Scientific


v

8.
Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Siswa


v









LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU GURU

Judul buku            : BUKU GURU SENI BUDAYA
Kelas                              :  VII
Jenjang                 : SMP/MTs
Tema/Topik         : 1.Pembelajaran Menggambar Flora, Fauna dan Alam benda
2. Pembelajaran Menggambar Ragam Hias
3. Pembelajaran Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Tekstil
4. Pembelajaran Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Kayu

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.       
Kesesuaian dengan SKL
Cukup sesuai dengan SKL

2.       
Kesesuaian dengan KI
 Cukup sesuai

3.       
Kesesuaian dengan KD
Cukup sesuai

4.       
Kecukupan materi ditinjau dari:
a.       cakupan  konsep/materi esensial
b.      alokasi waktu.
Cukup memadai

5.       
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
a.       Pola pikir keilmuan
b.      Karakteristik siswa
Cukup memadai

6.       
Informasi pembelajaran sesuai standar proses

Cukup memadai

7.       
Penilaian Autentik dan Bahan Remedial Teaching
Kurang memadai
Catatan : penyempurnaan kolom evaluasi ( hal 14, 24, 32, 40 ) harus menyajikan teknik evaluasi yang menggali prestasi kerja atau kinerja siswa serta hasil karya perseorangan maupun kelompok
8.       
Penerapan Pendekatan Scientific
Kurang memadai
Catatan : penyempurnaan kolom metoda ( hal 14, 24, 32, 40 ) harus menyajikan pendekatan dan  metode pembelajaran seni budaya yang mengaktifkan siswa, yakni pendekatan projek, pemecahan masalah dan discovery ., Sedangkan metodanya harus mengarah pada peningkatan, sikap atau apresiasi.,kreasi ( ketrampilan) dan pengetahuan .
9.       
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua ( Seharusnya siswa )
Kurang memadai
Seharusnya Guru lebih memberikan kesempatan siswa untuk aktif, tidak berdasarkan instruksi guru lihat halaman : 19,22,29,30,37,





















LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku        : Buku Siswa Seni Budaya
Kelas                    : VII ( Seni Rupa )
Jenjang               : SMP
Tema/Topik     :Komposisi Bab I Halaman 9.

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL

 
2.
Kesesuaian dengan KI

 
3.
Kesesuaian dengan KD

 
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
a.    cakupan  konsep/materi esensial



·      Unsur – unsur dalam komposisi kurang lengkap.

·      Batasan bahan dan alat kurang jelas
·  perlu dilengkapi, balance, ritme,unity.

· Perlu dilengkapi batasan bahan dan alat secara jelas.


a. alokasi waktu.


5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
a.    Pola pikir keilmuan
b.    Karakteristik siswa

 
6.
Penerapan Pendekatan Scientific

 
7.
Penilaian Autentik yang tersedia dalam buku siswa

 Penilain Diri, soal a, kata ragam hias dihilangkan









Judul buku        : Buku Siswa Seni Budaya
Kelas                    : VII ( Seni Rupa )
Jenjang               : SMP
Tema/Topik     : Menggambar Ragam Hias  Bab II Halaman 13.


NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL

 
2.
Kesesuaian dengan KI

 
3.
Kesesuaian dengan KD

 
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
b.    cakupan  konsep/materi esensial



·       Kurang jenis- jenis ragam hias
· Perlu ditambah jenis ragam hias yang meliputi ragam hias tunggal dan bersambung.


a. alokasi waktu.


5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
c.    Pola pikir keilmuan
d.    Karakteristik siswa

 
6.
Penerapan Pendekatan Scientific

 
7.
Penilaian Autentik yang tersedia dalam buku siswa











LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU GURU
Judul buku          : Buku Guru Seni Budaya
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs.
Tema/Topik       : Karakteristik Mata Pelajaran Seni Budaya SMP/MTs
NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
-
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
-
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
-
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
  1. cakupankonsep/materiesensial
  2. alokasiwaktu.

Sesuai
Sesuai

-
5.
Kedalaman materipengayaan ditinjaudari:
  1. Polapikirkeilmuan
  2. Karakteristiksiswa

Sesuai
Sesuai

-
6.
Informasi pembelajaran sesuai standar proses
Sesuai
-
7.
PenerapanPendekatanScientific
Sesuai
-
8.
PenilaianAutentikdan Bahan Remedial Teaching
Sesuai
-
9.
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua
Sesuai
-






Judul buku          : Buku Guru Seni Budaya
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs.
Tema/Topik       :   BAB. 9. Pembelajaran Gerak Tari

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
-
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
-
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
-
4.
Kecukupan materiditinjaudari:
  1. cakupankonsep/materiesensial
  2. alokasiwaktu.

Sesuai
Sesuai

-
5.
Kedalaman materipengayaan ditinjaudari:
  1. Polapikirkeilmuan
  2. Karakteristiksiswa

Sesuai
Sesuai

-
6.
Informasi pembelajaran sesuai standar proses
Sesuai
-
7.
PenerapanPendekatanScientific
Sesuai
-
8.
PenilaianAutentikdan Bahan Remedial Teaching
Sesuai
-
9.
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua
Sesuai
-






Judul buku          : Buku Guru Seni Budaya
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs.
Tema/Topik       : BAB. 10.  Pembelajaran Level Gerak Tari

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
-
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
-
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
-
4.
Kecukupan materiditinjaudari:
  1. cakupankonsep/materiesensial
  2. alokasiwaktu.

Sesuai
Sesuai

-
5.
Kedalaman materipengayaan ditinjaudari:
  1. Polapikirkeilmuan
  2. Karakteristiksiswa

Sesuai
Sesuai

-
6.
Informasi pembelajaran sesuai standar proses
Sesuai
-
7.
PenerapanPendekatanScientific
Sesuai
-
8.
PenilaianAutentikdan Bahan Remedial Teaching
Sesuai
-
9.
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua
Sesuai
-






Judul buku          : Buku Guru Seni Budaya
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs.
Tema/Topik       : BAB. 11.  Pembelajaran  Pola  Lantai

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
-
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
-
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
-
4.
Kecukupan materiditinjau dari:
  1. cakupankonsep/materiesensial
  2. alokasiwaktu.

Sesuai
Sesuai

-
5.
Kedalaman materipengayaan ditinjaudari:
  1. Polapikirkeilmuan
  2. Karakteristiksiswa

Sesuai
Sesuai

-
6.
Informasi pembelajaran sesuai standar proses
Sesuai
-
7.
PenerapanPendekatanScientific
Sesuai
-
8.
PenilaianAutentikdan Bahan Remedial Teaching
Sesuai
-
9.
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua
Sesuai
-






Judul buku          : Buku Guru Seni Budaya
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs.
Tema/Topik       :  BAB. 12.  Pembelajaran  Meragakan  Tari

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
 -
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
 -
4.
Kecukupan materiditinjaudari:
  1. cakupankonsep/materiesensial
  2. alokasiwaktu.

Sesuai
Sesuai

-
5.
Kedalaman materipengayaan ditinjaudari:
  1. Polapikirkeilmuan
  2. Karakteristiksiswa

Sesuai
Sesuai

-
6.
Informasi pembelajaran sesuai standar proses
Sesuai
 -
7.
Penerapan Pendekatan Scientific
Sesuai
 -
8.
PenilaianAutentikdan Bahan Remedial Teaching
Sesuai
 -
9.
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua
Sesuai
-






LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku          : Buku Seni Budaya (siswa)
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs
Tema/Topik       : Gerak Tari (Bab 9)

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
-
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
-
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
-
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
  1. cakupan  konsep/materi esensial
  2. alokasi waktu.

a.       Belum desuai
Pada hal 84 ada kata “mengomunikasikan”, yang sesuai mengkomunikasikan karena kata dasarnya “komunikasi”.
5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
  1. Pola pikir keilmuan
  2. Karakteristik siswa
Sesuai
-
6.
Penerapan Pendekatan Scientific
Sesuai
-
7.
Penilaian Autentik yang tersedia dalam buku siswa
Sesuai
-





LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku          : Buku Seni Budaya (siswa)
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs
Tema/Topik       : Level Gerak (Bab 10)

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
-
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
-
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
-
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
  1. cakupan  konsep/materi esensial
  2. alokasi waktu.

a.       Belum Sesuai

Pada hal 96 gambar 10.2 keterangan tidak sesuai, yang sesuai “Level tinggi”
5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
  1. Pola pikir keilmuan
  2. Karakteristik siswa
Sesuai
-
6.
Penerapan Pendekatan Scientific
Sesuai
-
7.
Penilaian Autentik yang tersedia dalam buku siswa
Sesuai
-





LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku          : Buku Seni Budaya (siswa)
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs
Tema/Topik       : Pola Lantai (Bab 11)

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
-
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
-
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
-
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
  1. cakupan  konsep/materi esensial
  2. alokasi waktu.
Sesuai
-
5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
  1. Pola pikir keilmuan
  2. Karakteristik siswa
Sesuai
-
6.
Penerapan Pendekatan Scientific
Sesuai
-
7.
Penilaian Autentik yang tersedia dalam buku siswa
Sesuai
-





LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku          : Buku Seni Budaya (siswa)
Kelas                     :  VII
Jenjang                : SMP/MTs
Tema/Topik       : Memperagakan Tari (Bab 12)

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
DESKRIPSI KECUKUPAN
SARAN PENYEMPURNAAN
1.
Kesesuaian dengan SKL
Sesuai
-
2.
Kesesuaian dengan KI
Sesuai
-
3.
Kesesuaian dengan KD
Sesuai
-
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
  1. cakupan  konsep/materi esensial
  2. alokasi waktu.

a.       Belum sesuai

Pada hal 113 pada judul bab, tertulis Meragakan Tari, yang sesuai Memperagakan Tari karena kata dasarnya adalah peraga.
Pada hal 120, gambar 12.4 gambarnya tidak sesuai karena pentas sendratari Ramayana ada di komplek candi Prambanan. Dan di gambar 12.3 tidak ada keterangan judul tari, yang benar adalah “tari garapan  golek menak gaya Yogyakarta”.
Pada hal 121, gambar 12.7 keterangan tidak sesuai karena judul yang sesuai adalah “Pertunjukan Tari Bedoyo gaya Surakarta”.
5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
  1. Pola pikir keilmuan
  2. Karakteristik siswa
Sesuai
-
6.
Penerapan Pendekatan Scientific
Sesuai
-
7.
Penilaian Autentik yang tersedia dalam buku siswa
Sesuai
-





Tidak ada komentar:

Posting Komentar