Selasa, 05 November 2013

Cara Membuat Topeng Dari Bubur Kertas

Cara Membuat Topeng Dari Bubur Kertas


Mungkin sederhana cara yang akan saya paparkan berikut ini, tapi semoga bermanfaat sob. Cerita dulu nie sebentar, karena tuntutan sebagai calon guru (Aminn) semester ini disibukkan banget dengan tugas kuliah yang numpuk abis. Nahhh,,, salah satu tugasnya yaitu membuat topeng pemirsa.
Mungkin sederhana ya tugasnya, tapi jujur malesnya minta ampun ya Allah. Jadi begini sob langkah-langkahnya:
  
      1.    Sebelum hari H pembuatan Topeng, rendam terlebih dahulu Koran bekas di ember. Lebih lama direndam akan lebih baik karena akan membuat sikertas lembek abis. Tapi baunya itu kertas sob kaya comberan.
      2.    Setelah siap pembuatan, siapin cetakan. Boleh dari apa aja, tapi yang lebih enak dari tanah liat sob. Karena bisa dibentuk sesuai dengan pola yang kita inginkan. Boleh cetak luar ataupun cetak dalam sob. Monggo dipilih.
      3.    Setelah itu siapin tepung kanji dan air panas. Ingat sob!!! jangan banyak-banyak teupngnya, sesuaikan saja, masalahnya bau tuh tepung low lembap. Sebelum di campur sama tepung dan air panas lebih baik bubur Koran tersebut di tiriskan dulu. Setelah di campur semua bahan dan diaduk dengan merata. Selanjutnya silahkan ditempelkan ke cetakan dan siap untuk dijemur.
      4.    Sebelum dijemur sebaiknya antara cetakan dan bubur kertas diberi kertas tisu atau lainnya yang gunanya agar tidak lengket saat hasilnya di angkat dari cetakan. Langsung dah dijemur di panas sinar matahari yang terik. Jangan dibakar tar habis topengnya… (gak lucu y).
      5.    Nah, low udah kering. Tahap selanjutnya adalah proses pengecatan. Jangan pusing sob soal biaya cat. Beli saja 3 warna primer plus warna hitam n putih.
      6.    Ini trik original dari ane (Iwan Setiawan). Kertas itu sifatnya kan menyerap cairan. Biar hemat cat, usahakan sebelum di cat itu permukaan topeng dipoles dulu pake lem. Hasilnya tidak hanya hemat cat sob tapi juga bikin kinclong.
      7.    Ok dah, tinggal dilukis aja itu topeng sesuai selera.
a.    Selamat mencoba sobbb, semoga bermanfaat. Mohon maaf low ada yang salah n low yang punya cara lain. Monggooo. Ini cara ane, cara ente gimana???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar